Rabu, 17 Mei 2017

ISOLASI MIKROBA


Isolasi Mikroba
Sumber Gambar From Om Gugel

Halo!! Welcome back guys, anda mencari informasi terbaru? Anda dak salah tempat, kuy ikuti terus artikel ini. Jendela ilmu saat ini akan membahas tentang Isolasi Mikroba. Bukan isolasi perekat yah, tapi pemindahan makhlus halus ke tempat yang baru. Untuk mempersingkat waktu, Follow Me!!

PEMBAHASAN

Isolasi adalah proses pemindahan mikroba dari media yang satu ke media yang lain. Isolasi mikroba dilakukan untuk memisahkan satu mikroba dari mikroba lainnya sehingga didapatkan kultur mikroba murni. 

Isolasi mikroba adalah proses memisahkan suatu mikroba tersebut dari lingkungannya di alam dan menumbuhkannya sebagai biakan murni dalam medium buatan. Isolasi harus diketahui cara-cara menanam dan menumbuhkan mikrobia pada medium biakan serta syarat-syarat lain untuk pertumbuhannya. Memindahkan bakteri dari medium lama kedalam medium yang baru diperlukan ketelitian dan pengsterilan alat-alat yang digunakan, supaya dapat dihindari terjadinya kontaminasi. Pada pemindahan bakteri dicawan petri setelah agar baru, maka cawan petri tersebut harus dibalik, hal ini berfungsi untuk menghindari adanya tetesan air yang mungkin melekat pada dinding tutup cawan petri. 

Ada beberapa cara atau metode yang digunakan untuk mengisolasi mikroba, diantaranya adalah metode cawan gores, agar miring dan agar tegak. Masing-masing metode memiliki fungsi, kelebihan  dan kekurangan. Ose jarum dan ose bundar merupakan alat yang digunakan dalam isolasi mikroba. Ose jarum digunakan dalam isolasi metode agar tegak, sementara ose bundar digunakan dalam isolasi metode cawan gores dan agar miring.

METODE ISOLASI

Terdapat beberapa metode dalam mengisolasi mikroba mikroorganisme yaitu dengan menggunakan metode gores, metode tuang, metode sebar, dan metode tusukan. Secara umum, metode ini termasuk dalam metode isolasi pada cawan petri dan metode isolasi pada tabung reaksi. Metode-metode ini berdasarkan pada prinsip yang sama yaitu mengencerkan organisme sedemikian rupa sehingga tiap individu spesiesnya dapat dipisahkan dengan lainnya. Setiap koloni yang terpisah yang tampak pada cawan tersebut setelah inkubasi berasal dari satu sel tunggal. Terdapat beberapa cara dalam metode isolasi pada agar cawan, yaitu: metode gores (streak plate), metode cawan sebar (spreadplate) dan metode cawan tuang (pour plate). Terdapat beberapa jenis goresan yaitu goresan T, goresan perkuadran, goresan zig-zag dan goresan persegi. Metode agar tuang berbeda dengan metode gores, cawan tuang menggunakan medium agar yang dicairkan dan didinginkan kemudian dicawankan. Pengenceran tetap perlu dilakukan sehingga pada cawan yang terakhir mengandung koloni-koloni yang terpisah diatas permukaan/di dalam cawan. Metode isolasi pada tabung reaksi umumnya menggunakan media agar tegak dan media agar miring. Metode isolasi pada agar tegak umumnya dikenal dengan metodetusuk karena prosesnya melalui tusukan pada bagian tengah media agar tegak.

Metode Isolasi Pada Tabung Reaksi

Metode isolasi pada tabung reaksi dilakukan dengan dua cara yaitu dengan media agar tegak dan media agar miring. Teknik agar miring digunakan untuk mengisolasi mikroba dengan goresan zigzag. Teknik ini mempertahankan viabilitas mikroba dengan mencegah pengeringan medium, sehingga waktu peremajaan dapat diperpanjang hingga beberapa tahun. Beberapa jenis jamur dapat bertahan hidup sampai 20 tahun. Daya tahan hidup mikroba lebih baik apabila biakan disim-pan pada suhu kulkas (4oC). Mikroba yang akan dipelihara ditumbuhkan pada tabung berisi medium agar miring atau medium cair yang sesuai, kemudian permukaan biakan ditutup dengan kapas dan aluminuinium foil.

Teknik untuk menanam mikroba pada media agar tusuk ialah dengan menggunakan bantuan ose jarum yang mengambil mikroba dari medium sumber lalu diisolasikan dengan cara menusuk bagian tengah agar sampai kedalaman tertentu pada media agar. Metode tusuk ini memungkinkan tumbuhnya mikroba jenis anaerobik di karenakan sedikitnya ruang untuk udara.

Metode Isolasi Pada Cawan Petri

Isolasi mikroba pada cawan petri dapat dilakukan dengan metode gores dan metode tuang. Metode gores yang digunakan biasa digunakan dalm pengisolasian mikroba adalah goresan T, goresan zig-zag dan goresan persegi. Prinsip dari metode gores cawan adalah pengenceran dimana goresan mikroba yang tersuspensi akan terus berkurang seiring dengan banyaknya goresan sehingga diperoleh individu spesies yang dapat dipisahkan dari mikroorganisme lain. Setiap koloni yang terpisah yang tampak pada cawan tersebut setelah in-kubasi berasal dari satu sel tunggal.

Khusus dalam Praktikum ini, digunakan goresan zig-zag dan goresan persegi. Goresan zig-zag berfungsi untuk mendapatkan biakan murni pada ujung zig-zagnya. Hasilnya, diperoleh koloni mikroba berbentuk zig-zag. Goresan ini umumnya dilakukan pada media cawan dan media agar miring. Penggunaan zig-zag Streak Method (goresan zig-zag) dilakukan pada saat isolasi bakteri dari media pertumbuhan dengan jumlah bakteri yang hidup sedikit.

Goresan persegi dilakukan untuk mendapatkan biakan murni berbentuk bulatan-bulatan berkoloni yang tumbuh mengikuti alur persegi. Namun, karena inokulan yang terlalu tebal saat proses penggoresan sehingga sulit untuk melihat biakan murni dalm bentuk tunggal.

Berikut adalah video metode isolasi pada cawan petri:


Metode Isolasi pada Cawan Petri
Sumber Video Data Primer 
Laboratorium Mikrobiologi 
Umum 2017 Unhas

Nah, itu tadi adalah video metode isolasi dengan menggunakan goresan Zig-Zag dan goresan T. Walaupun hasil videonya amatiran tapi tetap oke kan guys? :v. Abaikan moment kelirunya guys. (T-T)



Ose Bundar dan Ose Tusuk

Ose merupakan alat yang digunakan untuk mengambil dan memindahkan mikroba dari media satu ke media yang lain.Ose bundar memiliki kawat yang ujungnya berbentuk lingkaran kecil. Ose jarum digunakan untuk mengambil mikroba dari media sumber lalu digoreskan ke agar miring dan pada media dalam cawan petri. Goresan yang diberikan pada katiga media ini adalah goresan persegi dan goresan zigzag. Ose jarum memiliki bentuk memanjang yang khusus digunakan mengisolasi mikroba pada media agar tegak dengan cara ditusukkan pada media.



~
Dan selesai sudah, Penangkaran Manis dari neraka

Terlelap sudah jiwa sang raja. Kalah dia dalam genggaman sang Ratu

Sang bocah berterbangan. Lega rasanya mendengar sang pangeran kian menjauh dari sang maut.

Pemindahan kekuatan militer raja tak akan mengganggu usaha pasukan buas nan keji dari kegelapan segelap gerhana. 

Di tempat itu, semua bersatu.

Salam,
Penikmat Ilmu
@indo.onepiece.forum
#indoonepieceforum

2 komentar:

  1. sangat bermanfaat, trimakasih ya masxD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks yaa Mba telah berkunjung, salam penikmat ilmu. :)

      Hapus